Sabtu, 15 Desember 2012

Museum Affandi

Ditulis oleh : Eva Kurniadevi Agustin

Museum Affandi menyimpan karya-karya Abdullah Affandi sejak ia mulai serius menekuni dunia lukis pada tahun 1938 dengan menjadi pelukis poster film. Salah satu karya pentingnya adalah poster pesanan Bung Karno dengan tema perjuangan "Bung Ayo Bung". Poster ini dapat dilihat di salah satu galeri Museum Affandi yang terletak di pinggiran Sungai Gajah Wong, Yogyakarta.

Museum ini berbentuk seperti daun pisang, mewakili kekaguman Affandi terhadap filosofi daun pisang. Menurutnya daun pisang tidak hanya sebagai pembungkus makanan tetapi juga pelindung dari guyuran hujan. Affandi ingin suatu saat karyanya menjadi inspirasi banyak orang, untuk itu ia "membungkus" mimpinya dalam museum berbentuk menyerupai daun pisang supaya awet hingga jauh ke generasi berikutnya.

Museum ini terdiri dari tiga galeri. Galeri pertama terletak di sisi barat museum berisikan karya Affandi sepanjang menekuni karir di bidang seni lukis. Mulai dari sketsa hingga karya jadi, lukisan istri dan anak Affandi, dan beragam tema lainnya. Di tengah galeri terdapat mobil Colt Gallan tahun 1976 yang dimodifikasi menyerupai bentuk ikan. Juga terdapat sepeda onthel kuno yang masih mengkilap. Dua kendaraan ini adalah kendaraan yang sering digunakan Affandi untuk bepergian.

Galeri kedua berisi karya-karya seniman lukis lain seperti Basuki Abdullah, Bagung Kusudiharja dan Popo Iskandar. Galeri ini terdiri dari dua lantai, lantai pertama berisi lukisan-lukisan abstrak sedangkan lantai kedua berisi lukisan-lukisan surealis dengan coral tegas.

Galeri ketiga merupakan bangunan berbentuk mirip pelepah daun pisang. Sebagian dari galeri ini difungsikan untuk ruang pameran, dan sebagian lagi untuk sanggar melukis anak-anak bernama Sanggar Gajah.

Dari seberang Galeri ketiga terdapat sebuah menara yang bisa digunakan untuk melihat seluruh museum dan pemandangan sekitar museum seperti aliran Sungai Gajahwong.

Museum ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 pagi hingga pukul 16.00 Harga tiket Rp 10.000 untuk wisatawan lokal sementara untuk wisatawan asing dikenai harga tiket sebesar Rp 20.000







2 komentar:

  1. Adakah keterangan lain tentang sanggar Gajah? Mungkin calon pengunjung akan semakin tertarik mengunjungi museum ini dengan bergabung ke sanggar tersebut.

    BalasHapus
  2. Di kompleks Museum Affandi terdapat sebuah studio yang namanya adalah Studio Sorrandu.
    Tempat ini digunakan sebagai ruang pamer dan sanggar kreatif seni ‘Gajah Wong'
    Di tempat inilah, anak-anak dan orang dewasa bisa belajar melukis dan mengembangkan bakat serta kreativitasnya di bidang seni rupa. Banyak anak-anak yang belajar melukis disana. Kebanyakan pengajar-pengajar dari ISI Yogyakarta.

    BalasHapus