Kamis, 10 Januari 2013

Museum Gembira Loka

Oleh : Mentari Endah Prasetianingtyas

Gembira Loka terkenal dengan kebun binatangnya tetapi ternyata didalamnya ada sebuah ruangan yang berukuran sedang yang terpencil karena letaknya dipinggir dan ternyata itu adalah museum, men! Laboratorium Pendidikan Alam/Museum Gembira Loka menyajikan sebuah ruangan khusus,yaitu ruangan Diorama Flora dan Diorama Fauna.



Diorama Flora adalah sebuah ruangan khusus  yang menyajikan pengawetan tanaman,ekosistem,keanekaragaman hayati,bahkan empon-empon(rempah-rempah) yang nantinya bisa dibuat jamu tradisional.



Ditempat ini,kita bisa belajar loh,kita bisa tahu cara-cara membuat jamu tradisional,mengetahui ekosistem pegunungan,ekosistem hutan kota,ekosistem pesisir,dan yang terpenting kita bisa belajar nama-nama ilmiah dari macam-macam tumbuhan yang diawetkan di dalam botol kaca,seperti Guazuma Ulmifolia (fam: Stericuliaceae (Jati Belanda)),Phaseolus Radiatus (fam : Papilonaceae (Kacang Hijau)),Amaranthus Caudatus (fam : Amaranthaceae (Bayam)),dan masih banyak lagi.



Diorama Fauna adalah sebuah ruangan khusus yang menyajikan : pengawetan biota laut/serangga,metamorfosis serangga,ulat sutra yang dijadikan kain,bahkan siklus hidup serangga di kamar mandi.






Di diorama ini,ada juga nama-nama ilmiah binatang-binatang yang diawetkan seperti : Tubifex Tubifex (fam : Tubicidae (Cacing Sutra)), Aegopis Verticillus (fam : Zotinidae (Siput Darat)),Hirudo SP (fam : Hirudinidae (Lintah)), Oratosquilla Nepa (fam : Squillidae (Udang pengko/Udang Ronggeng)),dan masih banyak lagi.
    Sayangnya museum ini jarang sekali dijamah oleh masyarakat,mungkin karena letaknya yang kurang strategis,padahal di dalam museum sudah dilengkapi dengan AC, bersih tertata rapih pula tempatnya yang kita bisa merasakan kenyamanannya. Di tempat ini pula, setiap koleksi juga sudah dilengkapi dengan deskripsi lengkap, mulai nama hewan hingga asal habitatnya.Museum ini cocok sekali untuk anak-anak yang masih Taman Kanak-kanak,Sekolah Dasar,maupun umum, karenanya museum ini sangat membimbing dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Taman Gembira Lokanya pun dibuat teduh dan nyaman, sehingga pengunjung bisa betah dan berlama-lama menikmati setiap koleksi hewan hidup yang dipamerkan. Pengunjung juga bisa memegang dan berfoto dengan ular.Sementara beberapa fauna lain masih ditempatkan pada area lama, seperti gajah, harimau, jerapah, kuda, onta, atau lainnya. Yang perlu dicermati, banyak koleksi fauna yang jumlahnya semakin berkurang dan sebagian justru tidak ada.
    Ayolah jangan hanya menikmati pemandangan,menaiki kapal dan memberi makan hewannya saja,Yuk mampir yuk ke museumnya,kan lumayan bisa menambah ilmu pengetahuan kita 

3 komentar:

  1. Tampaknya museum ini terawat baik ya, kita share ke teman-teman lain ya agar bisa ramai dan berguna :)

    BalasHapus
  2. http://1.bp.blogspot.com/-JzKnj0utVlk/UO2uRCc4epI/AAAAAAAABAM/De2hd0kckZI/s1600/IMG-20130109-05842.jpg

    fotomu nang pojok koyo penampakan yas, haha..
    ayo kapan2 ke gembira loka bareng2.

    BalasHapus
  3. Ga lanjut nulis blog maneh iki? :D

    BalasHapus