Senin, 07 Januari 2013

MUSEUM MONJALI (MONUMEN JOGJA KEMBALI)



Ditulis oleh : Aldiga Nurma Nefteta

Museum Monumen Jogja Kembali terletak di jalan lingkar utara (ring road utara) Yogyakarta. Lokasinya cukup mudah di jangkau dengan segala jenis kendaraan. Bentuk bangunannya sangat menarik yaitu menyerupai kerucut, dan di belakangnya kita dapat melihat gunung merapi yang sangat indah dari kejauhan. Tiket untuk masuk ke museum ini cukup murah, yaitu 7.500 rupiah untuk satu orang pada hari biasa.

Bangunan Museum Monumen Jogja Kembali terdiri dari 3 lantai.
Lantai dasar terdapat ruang informasi dan museum yang berisi barang-barang dan replika dari masa perjuangan dulu, ada juga naskah-naskah dan surat-surat perjanjian asli dari masa perjuangan Indonesia dalam merebut kemerdekaan. Disana juga terdapat beberapa baju seragam asli tentara Indonesia dan beberapa baju dinas pahlawan-pahlawan Indonesia jaman dulu.


Di lantai 2 terdapat ruang diorama masa perjuangan kemerdekaan dulu. Suasana yang dibuat sungguh terasa nyata dengan patung-patung yang seolah menggambarkan pahlawan-pahlawan terdahulu dalam berjuang melawan penjajah, dan suasana perundingan-perundingan yang dulu dilakukan oleh pemimpin negara, juga disertai suara yang menjelaskan setiap kejadian yang ada di balik kaca yang menjadi batas antara pengunjung dengan diorama tersebut. 

salah satu diorama di lantai 2
Di lantai 3 terdapat ruangan yang dikhususkan untuk para pengunjung yang ingin mendoakan arwah para pahlawan perjuangan. Ruangannya seperti aula besar tetapi diharapkan untuk para pengunjung menjaga ketenangannya disana. Ruangan-ruangan dalam museum ini sangat dijaga kebersihannya, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir dengan kenyamanannya.


Di sekitar bangunan museum ini terdapat kolam yang cukup luas, disitu juga ada banyak permainan air yang sangat asyik untuk dicoba seperti permainan bola air, perahu, berjalan diatas air, dll. Lokasi Museum Monjali sendiri juga menjadi satu dengan Taman Lampion yang buka pukul 5 sore, jadi setelah asyik mengunjungi museum kita bisa menikmati keindahan Taman Lampion yang sangat mempesona. Disana juga terdapat banyak permainan yang sangat menghibur. Untuk masalah perut tidak perlu khawatir karena disana banyak penjual berbagai macam makanan yang dapat memuaskan lidah anda.
Dengan lokasi yang strategis dan nyaman, museum ini sangat tepat untuk dijadikan objek tujuan wisata yang sangat bermanfaat karena dapat memberikan banyak ilmu tentang sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan, juga tempat untuk refreshing karena tempatnya yang indah dan permainan-permainannya di taman lampion yang sangat menghibur. Dan dengan pengelolaan yang benar diharapkan museum ini dapat menjadi tujuan wisata yang baik bagi para wisatawan.

1 komentar:

  1. Nah, museum ini jadi ramai dengan ada taman bermainnya di sore hari ya? Kebersihannya terjaga pula. Terima kasih atas informasinya ya.

    BalasHapus