Senin, 07 Januari 2013

Monumen Pahlawan Pancasila




MONUMEN PAHLAWAN PANCASILA

Oleh : Isti Rofi’ah
     Pada hari Sabtu, tanggal 5 Januari 2012, saya dan ayah saya mengunjungi Monumen Pahlawan Pancasila yang terletak di Kentungan, Condongcatur. Monumen Pahlawan Pancasila dibangun di atas tanah areal seluas 7.927 m2 di kompleks Batalyon 403 di tepi sebelah selatan, di sebelah timur Jalan Kaliurang kurang lebih 200 meter, di sebelah utara Jalan Ring Road kurang lebih 100 meter dari Monumen Jogja Kembali ke timur kurang lebih 1,5 km.



     Dibangunnya Monumen Pahlawan Pancasila bertujuan untuk memberikan informasi yang sejelas-jelasnya kepada semua pihak, terutama generasi penerus bangsa tentang fakta-fakta sejarah yang berkaitan dengan pengkhianatan G/30/S/PKI, khususnya yang terjadi di Daerah Istimewa Yogyakarta.




     Daerah Kentungan dipilih sebagai tempat dibangunnya Monumen Pahlawan Pancasila karena memiliki beberapa alasan. Pertama, di Kentungan terjadi pembunuhan kejam terhadap TNI Anumerta Katamso dan Kolonel Infanteri Sugiyono. Kedua, Batalyon L erat terkait dengan terjadinya penculikan dan pembunuhan pada masa G/30/SPKI. Yang ketiga adalah tempat peringatan Hari Kesaktian Pancasila untuk DIY.




     Adapun bangunan monumen pokok :
1)      Bangunan Joglo seluas 144 m2 berukuran 12x12m. Di dalam bangunan Joglo terdapat 2 buah lubang bersambung membujur dari barat ke timur. Lubang sebelah barat panjangnya 1,80m, lebar 0,50m, dalam 0,70m. Sedangkan lubang sebelah timur panjangnya 1,70m, lebar 0,50m, dalam 0,70m. Pada lubang tersebut ditemukan jenazah 2 pahlawan revolusi, yaitu :
·         TNI Anumerta Katamso yang berada di sebelah barat membujur ke barat.
·         Kolonel Infanteri Sugiyono yang berada di sebelah timur membujur ke timur.
            Lubang tersebut perlu dilestarikan sebagai bukti sejarah yang menunjukkan   kekejaman PKI.
2)      Di sebelah selatan, terdapat patung lambang Garuda Pancasila dalam bentuk 3 dimensi.
3)      Halaman atas yang mengelilingi joglo, di sebelah utara ada 2 patung menghadap ke utara menggambarkan 2 pahlawan revolusi.
4)      Pagar yang mengelilingi Joglo terletak di antara halaman atas dan bawah terdapat gamabar relief sebanyak 8 buah.
5)      Bangunan gedung serbaguna dengan ukuran 17mx18m. Di ruangan tepi sebelah utara dan selatan, ditempatkan almari kaca untuk menyimpan replika benda-benda yang dipergunakan pada waktu peristiwa pembunuhan kedua pahlawan revolusi, dan juga menyimpan buku-buku sejarah perjuangan.
6)      Tempat parkir berada di sebelah timur gedung serbaguna.
7)      Pintu gerbang dan plaza berada di sebelah barat.
8)      Pagar transparan mengelilingi lapangan upacara.
9)      Terdapat 2 rumah jaga.
10)  Di sebelah utara bangunan monumen pokok, adalah lapangan upacara Hari Kesaktian Pancasila.







     Demikian kunjungan saya ke Monumen Pahlawan Pancasila. Menurut saya pribadi, MPP adalah sebuah monumen yang bagus dan terawat. Namun, sayang tidak begitu banyak pengunjung yang datang.

1 komentar:

  1. Makasih ya Isti, sudah berkunjung ke museum Pahlawan Pancasila, agar banyak orang berkunjung, mungkin Isti punya usul? Misalnya mengadakan lomba-lomba dengan tema kesaktian Pancasila di situ?

    BalasHapus