Rabu, 09 Januari 2013

Museum RS. Mata Dr. YAP (Tri Untari Rizki)



Lokasi :

Jl. Cik Ditiro no. 5 , Gondokusuman, Yogyakarta.
telp: 0274-562054

Sejarah Berdiri :

Museum RS. Mata Dr. Yap ini diresmikan tanggal 9 September 1999 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X.  Latar belakang berdirinya Museum "Dr. Yap" yakni karena banyaknya barang-barang peninggalan almarhum Dr. Yap Hong Tjoen dan Dr. Yap Kie Tiong yang sudah beberapa lama tersimpan di dalam gudang RS. Mata Dr. Yap. Banyaknya barang-barang yang tidak digunakan tersebut membuat Yayasan RS. Mata Dr. Yap Prawirohusodo mulai berinisiatif untuk membuat Museum. Atas inisiatif direksi RS dr. Basarodin, dr. Tri Sutartin, dr. Wasisdi Gunawan, akhirnya museum ini berhasil didirikan.
dr. Tri Sutartin Rajiman (Direktur RS) memohon izin kepada ketua yayasan (Dr. Soehardi) untuk membersihkan dan menata barang-barang yang sebelumnya hanya tersimpan di gudang. Sayangnya, sebagian buku-buku sudah hancur dan akhirnya dibuang. Setelah mendapat izin dari keluarga dr. Yap Hong Tjoen yang saat itu berada di Belanda, akhirnya Museum itu resmi didirikan.

Museum RS. Mata Dr. Yap menempati areal dilingkungan Rumah sakit dengan luas tanah 246 meter persegi. Museum ini terbagi 2 ruang, yaitu:

1. Ruang perpustakaan : memuat buku-buku bahasa, sastra, seni, sejarah, ophtalmology, dll. Jumlah jeseluruhan buku sebanyak 934 judul, 939 eksemplar.

2. Ruang tidur : Berisi barang-barang antik dan foto-foto keluarga dr. Yap Hong Tjoen.
  

3. Ruang alat-alat makan

4. Ruang alat-alat kedokteran Ophtalmology



Kritik dan Saran :

Sebenarnya museum ini sudah cukup bagus, hanya saja kurang publikasi sehingga masih jarang masyarakat yang tahu keberadaan museum ini. Dan saran saya, mungkin sebaiknya perlu dilakukan perluasan dan publikasi agar tidak hanya pasien dan keluarga pasien saja yang bisa menikmati museum ini. 


1 komentar: