Minggu, 06 Januari 2013

Museum Tani Jawa di Kampung Wisata Candran, Kebon Agung, Imogori, Bantul


Oleh : Adela Dwike Gunanda


Museum Tani Jawa Indonesia yang berda di kampung wisata Candran, Kebon Agung, Imogiri, Bantul, Yogyakarta ini didirikan pada tanggal 27 Mei 2007, yaitu tepat setelah terjadinya gempa Jogja. Museum ini didirikan diatas sebidang tanah milik Ki Condro, yang merupakan sesepuh dan asal muasal nama dari desa Candran ini. 


Museum Tani Jawa Indonesia yang dapat berdiri di atas dana yang bersal dari bantuan Bupati Bantul ini memiliki tujuan agar para generasi muda dapat mewarisi budaya bertani dan dapat menghargai perjuangan petani dalam bertani, mengingat makin minimnya minat para pemuda Indonesia dalam melaksanakan kegiatan pertanian di Negara agraris ini seiring berjalannya waktu dan majunya teknologi. Dalam menjalankan fungsinya museum ini diawasi oleh departemen dari pemerintahan seperti dinas pariwisata, dinas pendidikan dan kebudayaan.



Koleksi yang ada di museum ini antara lain : alat-alat pertanian, orang-orangan sawah, luku yang digunakan untuk membajak sawah yang terbuat dari kayu, dan masih banyak lagi.


Yang menarik dari museum ini adalah letaknya yang ada di kampung wisata Candran dimana sering diadakan kegiatan wisata seperti menanam padi bersama, membajak sawah, dan membatik topeng. Namun sayangnya saat saya datang mengunjungi museum tersebut tidak terlihat kegiatan yang bwrhubungan dengan wisata, yang terlihat hanya warga kampung yang menjalankan aktivitas mereka sehari-hari.

Sebenarnya museum ini sangat menarik untuk dikunjungi, tetapi saat saya masuk ke dalam museum ini, keadaannya tidak rapi, benda-benda yang ada di museum seperti hanya disimpan dan ditumpuk ke dalam museum. Mungkin karena museum belum digunakan untuk kegiatan apapun sehingga belum di tata dengan baik. Dan yang disayangkan juga adalah akses untuk ke museum ini. Kurangnya penunjuk arah membuat bingung pada saat ingin mendatangi Museum Tani ini. Seharusnya ada penunjuk jalan yang baik sehingga tidak ada yang kesulitan saat ingin mencapai museum ini. 

Tetapi apabila anda ingin pergi ke Museum Tani yang berada di kampung wisata Candran ini, lebih baik anda pergi bersama rombongan karena kegiatan yang diberikan di museum ini sangat menarik untuk anda yang ingin merasakan bagaimana rasanya bertani.

1 komentar:

  1. Terima kasih ya, lain kali ajak rombongan kelas ke sana, bersama-sama merasakan bertani.

    BalasHapus